Cara Memanfaatkan Baking Soda Untuk Keperluan Harian

Bagi Anda yang gemar membuat kue, pasti sudah tak asing lagi dengan baking soda atau dikenal juga dengan istilah soda kue. Baking soda berfungsi sebagai bahan pengembang, sehingga kue yang Anda panggang nantinya tak malah jadi bantet. Namun, di samping berguna kala membuat kue, bahan satu ini juga bisa Anda manfaatkan untuk keperluan harian lainnya, seperti berikut ini.
Baking Soda
1. Menghilangkan Aroma Ketiak yang Tak Sedap

Kontak antara keringat yang dihasilkan oleh tubuh dengan bakteri yang berada di lipatan kulit ketiak, mengeluarkan aroma yang tak sedap. Jika Anda berada dalam situasi seperti ini, tentu saja Anda akan merasa tak nyaman jika harus bepergian ke luar rumah. Nah, untuk mengatasinya Anda bisa menepuk-nepukkan bahan ini di area ketiak untuk menetralkan pH, sehingga bau tak sedap hilang.

2. Memutihkan Gigi yang Menguning

Siapa pun pasti tak merasa percaya diri untuk sekadar tersenyum, jika giginya berwarna kuning. Anda bisa mencoba mengembalikan kilau putih gigi ini dengan menggunakan soda kue tersebut. Caranya terbilang mudah, Anda bisa campurkan 1 sendok teh bahan ini dengan 2 sendok teh air, lalu sikatkan ke gigi. Namun, jangan terlalu sering ya, karena nanti bisa merusak lapisan gigi.

3. Obat Kumur untuk Menyegarkan Mulut

Mengapa harus membeli cairan penyegar mulut, jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah? Anda bisa memanfaatkan soda kue sebagai bahan obat kumur. Sifatnya yang antibakteri dan antimikroba, terbilang baik untuk menjaga kesehatan mulut dan menyegarkannya. Anda cukup campurkan satu sendok teh bahan ini dengan setengah gelas air putih, lalu jadikan sebagai obat kumur.

4. Campuran Larutan Pembersih Buah dan Sayuran

Baking soda atau soda kue juga bisa Anda manfaatkan sebagai bahan pembersih buah dan sayuran, loh! Anda tentu tahu bahwa buah dan sayuran yang mungkin saja dalam penanamannya menggunakan pestisida, sehingga tak aman untuk langsung dikonsumsi. Nah, untuk membersihkannya, rendam saja buah dan sayuran dalam air yang sudah dilarutkan bahan ini di dalamnya.

5. Pembersih Kotoran yang Telah Mengendap
Baking Soda

Noda atau kotoran yang lama mengendap, misalnya di sela-sela kompor, kulkas, atau area lainnya di rumah, terkadang memang sulit untuk dibersihkan. Alhasil, banyak orang yang memilih untuk membiarkannya begitu saja. Padahal, noda tersebut bisa dengan mudah dibersihkan menggunakan soda kue. Taburkan bahan ini di permukaan noda tersebut, biarkan sejenak, lalu baru dibersihkan.

6. Pembersih Noda yang Menempel di Wajan

Sisa makanan membandel yang menempel di permukaan wajan, memang membuat kesal kala dicuci. Butuh tenaga ekstra, agar sisa makanan tersebut bisa dibersihkan sepenuhnya. Namun, penderitaan ini tak akan Anda alami lagi, jika Anda gunakan soda kue untuk membersihkannya. Taburkan bahan ini di permukaan wajan tersebut, biarkan sejenak, lalu cuci seperti biasanya.

 7. Menghilangkan Aroma Tak Sedap dari Sepatu
7 Kegunaan Baking Soda Selain Bahan Pembuat Kue
Keringat yang menempel pada sepatu, membuatnya jadi lembap dan mengeluarkan bau yang tak sedap. Jika sudah begini, tentu saja Anda pun jadi tak percaya diri untuk menggunakannya kala bepergian. Nah, untuk mengatasi aroma tak sedap ini, Anda cukup taburkan soda kue di bagian dalam sepatu, biarkan semalaman, lalu bersihkan keesokan harinya.

Baking soda atau soda kue tak terbatas fungsinya hanya sebagai bahan pengembang kue saja. Lebih dari itu, bahan satu ini bisa Anda gunakan dalam keseharian. Anda bisa memanfaatkannya sebagai obat, bahan pembersih, serta penghilang bau tak sedap. Sediakan tempat khusus untuk baking soda ini di rumah, sehingga bisa Anda gunakan dengan praktis saat membutuhkannya.

Posting Komentar

0 Komentar